Holcim Indonesia umumkan hasil kinerja semester pertama tahun 2014

4 Agustus 2014
 

Holcim tambah kapasitas dan investasi untuk raih peluang jangka panjang di Indonesia

Ringkasan perbandingan: Hasil Kinerja Semester Pertama Tahun 2014 (tidak diaudit)

Rp milyar 6 bulan hingga 30 Juni 2014
(
tidak diaudit)
6 bulan hingga 30 Juni 2013
(
tidak diaudit)
Penjualan 4,928 4,482
Laba kotor 1,430 1,418
EBITDA operasi 984 1,076
Laba operasi 674  783
Laba bersih 449  467

 

Jakarta (4/8) - Holcim Indonesia mencatat peningkatan pendapatan hampir 10% dari penjualan pada periode enam bulan pertama tahun 2014 menjadi Rp 4.93 triliun (Rp 4.48 triliun pada tahun 2013) yang didorong oleh 3% peningkatan volume penjualan di pasar domestik dan peningkatan harga jual. Menurut data ASI, sektor industri semen di Indonesia sendiri mengalami pertumbuhan pada periode semester pertama tahun 2014 sebesar 4% menjadi 28.9 juta ton. Hal ini turut memberikan kontribusi atas kinerja Holcim dalam mempertahankan kinerja yang kuat di pasar utamanya di pulau Jawa (yang merupakan 56% dari pasar nasional) dengan peningkatan sebesar 5.6%.

Perusahaan mencatatkan peningkatan laba kotor sebesar Rp 12 milyar jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dimana kinerja ini terdampak oleh adanya penekanan biaya termasuk karena kenaikan tarif dasar listrik yang diumumkan pemerintah belum lama ini. Laba operasi tercatat 14% lebih rendah sebesar Rp 674 milyar sebagai dampak dari naiknya biaya distribusi, namun menguatnya nilai tukar Rupiah selama periode semester pertama tahun 2014 berkontribusi terhadap selisih tipis pada laba profit sebesar 3.8% sebesar Rp 449 milyar (Rp 467 milyar pada tahun 2013). 

 

Posisi keuangan

Pinjaman jangka panjang mengalami peningkatan menjadi Rp 2.62 triliun seiring selesainya pembangunan Pabrik Tuban 1 dan terus melanjutkan pembangunan Pabrik Tuban 2. Perusahaan sendiri telah mengumumkan secara resmi dimulainya operasional Pabrik Tuban 1 pada 17 Juni 2014 lalu. Tingkat pinjaman berada pada posisi sesuai dengan perencanaan dan pembayaran pinjaman juga terus dilakukan sesuai jadwal dengan baik.

 

Proyeksi bisnis di semester kedua tahun 2014

Adanya tambahan kapasitas produksi dari pabrik baru di Tuban, menjadi modal bagi Holcim Indonesia untuk meraih peluang dari apapun hasil pemilihan umum terhadap dinamika pasar. Selain itu, perusahaan juga mendapatkan keuntungan dari dampak naiknya harga jual untuk mendorong pertumbuhan pendapatan dari penjualan sampai akhir tahun ini. Meningkatnya biaya distribusi – terkait pengiriman klinker pada periode semester pertama sebelum Tuban 1 mulai beroperasi – tidak akan berdampak pada kinerja perusahaan hingga akhir tahun ini. Justru dengan mulai beroperasinya pabrik Tuban 1, perusahaan akan mampu mempersingkat waktu pengiriman dengan biaya yang lebih rendah untuk memenuhi kebutuhan pasar di Jawa Timur dan luar pulau termasuk pasar-pasar berkembang di daerah seperti Kalimantan dan Sumatera.

 

Inovasi dan investasi untuk mencapai pertumbuhan jangka menengah yang berkelanjutan

Holcim berkomitmen untuk terus memainkan peran penting dalam menyediakan solusi bahan bangunan yang  berkualitas dengan berinvestasi pada perluasan usaha untuk memperkuat posisinya di pasar. Hal ini ditandai dengan sebuah proyek pembangunan pabrik penggilingan semen baru yang sudah mulai berjalan di Lampung, yang akan mempersingkat rantai pasokan ke Sumatera setelah selesai dibangun pada tahun 2015 mendatang. Tambahan kapasitas produksi sebesar 1.7 juta ton dari Pabrik Tuban 2, yang rencananya juga akan mulai beroperasi pada tahun yang sama untuk menambah peluang perusahaan di pasar yang terus bertumbuh.

Setelah musim pemilihan umum selesai, dengan diaktifkannya kembali pembangunan perkotaan dan rencana-rencana penting negara untuk merevitalisasi infrastruktur, diharapkan akan mengembalikan normalnya kegiatan bisnis dan investasi sektor swasta. Rencana-rencana besar pemerintah melibatkan dana sebesar US$ 35 milyar untuk infrastruktur pada periode tahun 2014-2017, dimana 15 dari total 50 proyek besar tersebut akan terealisasi pada tahun ini, termasuk pembangunan bandara baru, pelabuhan dan jalan, peningkatan kapasitas listrik, saluran air dan perbaikan tanggul banjir di ibukota.

Dari semua sektor utama – perumahan dan komersial/ritel, produk beton pabrikan  dan produksi agregat untuk proyek-proyek besar – Holcim Indonesia berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan melalui inovasi dan solusi teknologi untuk hasil yang lebih cepat. Kontrak-kontrak baru termasuk aplikasi pada jalan berbahan beton berpori (ThruCrete) yang digunakan pada landasan pacu di bandara internasional Juanda untuk mengantisipasi banjir dan beton khusus untuk mempercepat perbaikan jalan perkotaan (SpeedCrete) di Jakarta dan sekitarnya. Di antara proyek-proyek lain yang tengah berjalan, perusahaan juga terus melanjutkan pembangunan fasilitas pengelolaan limbah baru  ‘Green Zone’, yang berjalan sesuai jadwal dan siap beroperasi pada kuartal akhir tahun ini untuk melipatgandakan kapasitas perusahaan dalam menyediakan solusi pengelolaan limbah yang aman.

 

Tentang PT Holcim Indonesia Tbk

 

PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (80,65%) dimiliki dan dikelola oleh Holcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 85,000 karyawan dan kapasitas produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen.

 

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan tiga pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  di Cilacap, Jawa Tengah, Tuban 1 di Jawa Timur dan fasilitas penggilingan semen di Ciwandan, Banten dengan total kapasitas  gabungan per tahun 11 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

 

PT Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan gerai Solusi Rumah - di gerai ini pelanggan dapat memperoleh beragam rancang-bangun rumah, memilih bahan bangunan, berkonsultasi dengan pakar konstruksi dan mengajukan kredit pemilikan rumah. Semua kemudahan tersebut dapat diperoleh di satu tempat.

 

Informasi lengkap dapat diperoleh dari:

 

Rusli Setiawan
Diah Sasanawati (Anna)
Relationship Management Director Corporate Communications Manager
PT Holcim Indonesia Tbk PT Holcim Indonesia Tbk
Mobile: 0811 860375 Phone Number: +62 21 29861000 ext 8361
  Mobile: 0813 81818554
e-mail: rusli.setiawan@holcim.com e-mail: diah.sasanawati(at)holcim.com
website: www.holcim.co.id website: www.holcim.co.id