Holcim Mempercepat Rencana Ekspansinya

18 Februari 2013
 

Kontrak senilai US$250 juta telah ditanda tangani untuk pabrik kedua di Tuban

• Mulai operasikan penggilingan semen di Pabrik Tuban 1 pada Juni 2013

• Pabrik Tuban 2 akan mulai produksi pada semester pertama tahun 2015 dengan kapasitas 1.7 juta ton

Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk., Eamon Ginley (kiri) dan Chairman of Executive Board ThyssenKrupp Polysius Dr.-Ing Detlev Rose menandatangani kontrak senilai US$ 250 juta untuk pembangunan proyek Tuban 2, disaksikan Patrick Walser, Direktur PT Holcim Indonesia Tbk., (kiri atas) dan Axel Hoene, Senior Executive-Sales, ThyssenKrupp.


PT Holcim Indonesia Tbk merealisasikan rencana ekspansinya di industri semen yang berkembang cepat dengan menanda tangani kontrak pembangunan dan instalasi pabrik keduanya yang berlokasi di Desa Merkawang – Tuban pada hari Jumat, 15 Februari 2013 di Jakarta.

 

Pabrik Tuban 1 yang segera selesai masa pembangunannya, akan memulai operasional penggilingan semen pada bulan Juni tahun ini, kurang dari 30 bulan sejak peletakkan batu pertamanya di tahun 2010.

 

Dalam penandatanganan kontrak, Eamon Ginley – Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk., menyatakan bahwa perusahaan akan meneruskan kerja sama dengan ThyssenKrupp Polysius yang tengah mengerjakan konstruksi dan instalasi Pabrik Tuban 1. “Perluasan pabrik ini akan meningkatkan kapasitas pabrik menjadi dua kali dari lokasi yang sama di Tuban untuk memenuhi kebutuhan semen di Indonesia yang terus meningkat”, ujar Ginley disela-sela penandatanganan kontrak.

 

Dr-Ing Detlev Rose – Chairman of the Executive Board, mewakili ThyssenKrupp Polysius menjawab, “Kami memiliki komitmen yang sama dengan Holcim terhadap industri semen Indonesia yang berkembang pesat dengan standar engineering terbaik yang kami hadirkan”.

 

Investasi di Pabrik Tuban 1 dan Tuban 2 senilai lebih dari USD$ 800 juta ini menjadi bentuk kontribusi Holcim terhadap industri semen di masa yang akan datang dan memenuhi kebutuhan di pasar Pulau Jawa yang terus meningkat, sekaligus memenuhi pasokan ke area Indonesia yang lain melalui laut. “Selain menghadirkan  teknologi terbaru di industri semen, realisasi dari rencana investasi ini juga akan membuka kesempatan kerja baru bagi tenaga kerja lokal dan meningkatkan peluang bagi pengusaha-pengusaha lokal setempat, sejalan dengan meningkatnya perkembangan industri semen disana”, ujar Ginley menambahkan.

 

 

Tentang PT Holcim Indonesia Tbk


PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (86,35%) dimiliki dan dikelola oleh Holcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 85,000 karyawan dan kapasitas produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen.

 

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan tiga pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  di Cilacap, Jawa Tengah, Tuban 1 di Jawa Timur dan fasilitas penggilingan semen di Ciwandan, Banten dengan total kapasitas  gabungan per tahun 11 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

 

PT Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan gerai Solusi Rumah - di gerai ini pelanggan dapat memperoleh beragam rancang-bangun rumah, memilih bahan bangunan, berkonsultasi dengan pakar konstruksi dan mengajukan kredit pemilikan rumah. Semua kemudahan tersebut dapat diperoleh di satu tempat.

 

Informasi lengkap dapat diperoleh dari:         

Rusli Setiawan
Diah Sasanawati (Anna)
Relationship Management Director Corporate Communications Manager
PT Holcim Indonesia Tbk PT Holcim Indonesia Tbk
Mobile: 0811 860375 Phone Number: +62 21 29861000 ext 8361
  Mobile: 0813 81818554
e-mail: rusli.setiawan@holcim.com e-mail: diah.sasanawati(at)holcim.com
website: www.holcim.co.id website: www.holcim.co.id