Kinerja PT Holcim Indonesia Tbk Tahun 2013

27 Februari 2014
 

• Pendapatan dari penjualan meningkat 7.5% menjadi Rp 9,69 triliun.

• Keuntungan bersih tahun 2013 mencapai Rp 952 miliar atau Rp 124 per lembar saham.

• Mengusulkan pembayaran dividen final tahun 2013 total sebesar Rp 90 per lembar saham.

• Kapasitas produksi semen Holcim Indonesia akan meningkat sebesar 40% pada akhir tahun 2015 dengan adanya dua pabrik baru (Tuban 1 & 2).

• Perluasan logistik dan investasi lain yang meningkatkan cakupan pasar, ketersediaan produk dan layanan sebagai nilai tambah bagi pelanggan.

Kinerja tahun 2013

PT Holcim Indonesia Tbk hari ini mengumumkan laporan keuangannya untuk tahun 2013, dengan pencapaian pendapatan dari penjualan yang meningkat sebesar 7.5% menjadi Rp 9,69 triliun, dimana keuntungan pada tahun tersebut mencapai Rp 952 milyar, atau Rp 124 per lembar saham.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham yang akan datang, Dewan Direksi akan mengajukan persetujuan dari para pemegang saham untuk pembayaran dividen final total sebesar Rp 90 per lembar saham dari pendapatan tahun 2013 yang mencerminkan peningkatan sebesar 12.5% dibanding periode tahun lalu.

Ringkasan perbandingan terpilih dari kinerja keuangan tahun 2013 (diaudit)  dan 2012 (diaudit)

Rp milyar 2013 2012
Pendapatan dari penjualan 9,686 9,011
Keuntungan kotor 3,355 3,286
Marjin keuntungan kotor 34.6% 36.47%
EBITDA operasional 2,453 2,615
Pendapatan operasional 1,849 2,038
Keuntungan bersih 952 1,351


Kondisi pasar

Holcim mampu mempertahankan pertumbuhan pendapatannya dari penjualan dengan meningkatnya harga jual dari kapasitas produksi 9,5 juta ton, ditengah melambatnya pertumbuhan ekonomi di tahun 2013 jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya, persyaratan kredit pemilikan rumah (KPR) yang semakin ketat dan meningkatnya suplai semen. Berdasarkan data dari Asosiasi Semen Indonesia (ASI), konsumsi semen secara keseluruhan meningkat 5,5% menjadi 58 juta ton jika dibandingkan dengan peningkatan sebesar 14% pada tahun 2012 dan 18% pada tahun 2011. Dengan  kelebihan suplai yang mampu diserap pasar, permintaan produk Holcim terus meningkat hingga akhir tahun 2013 dan terus berlanjut pada tahun 2014.  2 pabrik baru milik perusahaan di Tuban, Jawa Timur dengan volume  masing-masing 1,7 juta ton akan terealisasi pada tahun 2014 dan 2015, dan memperkuat posisi Holcim Indonesia untuk mencapai pertumbuhan di masa yang akan datang.

 

Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk, Eamon Ginley, berkomentar, ‘Kinerja tahun lalu masih merupakan masa transisi dari pasokan ketat yang terjadi beberapa tahun sebelumnya.  Holcim terus mengoperasikan kapasitas produksi kami secara maksimal sepanjang tahun 2013 dengan tambahan kapasitas sebesar 40% dari kombinasi pabrik Tuban 1 yang telah memproduksi semen pertamanya pada bulan Oktober 2013, dan Tuban 2 yang akan mulai beroperasi pada tahun 2015 nantinya akan memberikan keuntungan kompetitif dari sisi biaya produksi yang lebih rendah dan distribusi yang lebih dekat pada pelanggan. Saat ini  kita sudah mulai dapat melihat keuntungan-keuntungan tersebut tidak semata-mata sebagai pelengkap keberadaan Holcim di Pulau Jawa, tapi juga sebagai bentuk investasi logistik dan pengembangan jalur kapasitas untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik secara lebih menyeluruh.”

 

Khususnya di Pulau Jawa, peningkatan pengiriman dengan kereta api telah terbukti memberikan efisiensi biaya dan waktu untuk mempersingkat rantai pasokan di pasar terbesar. Merek Holcim kini juga bergaung di Kalimantan dan Sumatera pada tahun 2013. Perusahaan telah menanamkan investasi dalam bentuk pergudangan, silo semen curah dan sebuah fasilitas pengantongan baru, dimana fasilitas terbaru telah dibuka di Pontianak, Kalimantan pada tahun lalu. Pasar-pasar ini menawarkan potensi pengembangan infrastruktur dan perkotaan yang patut dipertimbangkan pertumbuhannya dalam jangka waktu menengah.

 

Rekor produksi baru dicapai oleh kedua pabrik di Cilacap dan Narogong. Sebagai tambahan, operasional beton jadi Holcim Indonesia telah mencetak rekor dalam kurun waktu lima tahun dengan pengiriman 2.32 juta meter kubik beton jadi kepada pelanggan pada tahun 2013, sebuah peningkatan yang mencapai hampir 20% jika dibandingkan periode tahun sebelumnya. Kebutuhan beton jadi yang meningkat tinggi ini datang dari beragam proyek besar termasuk gedung-gedung komersial, industri berat dan infratstruktur, pembangkit tenaga listrik dan perluasan bandara terbesar kedua Indonesia di dekat Surabaya, serta proyek-proyek jalan tol penting. Untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat ini, perusahaan telah mengakuisisi sebuah tambang agregat dan tambahan investasi lain untuk memperluas jumlah dan kapasitas pabrik beton jadi dan memenuhi kebutuhan yang ada.

 

Kinerja keuangan

Total aset perusahaan mengalami peningkatan menjadi Rp 14,89 triliun dari sebelumnya Rp 12,17 triliun pada akhir tahun, peningkatan ini terjadi karena pabrik Tuban 1 yang sudah mulai beroperasi, pabrik Tuban 2 yang tengah dalam proses pembangunan dan investasi pada operasional disana yang sudah berjalan saat ini. Peningkatan pinjaman keuangan bersih pada tahun 2013 telah memberikan kontribusi pendanaan yang dibutuhkan untuk mendukung sasaran-sasaran strategis perusahaan, termasuk perluasan kapasitas produksi, rantai pasokan dan layanan komersial yang prima, peningkatan manajemen sumber daya manusia termasuk peningkatan fasilitas yang akan siap beroperasi pada tahun 2014 untuk operasional pengelolaan limbah perusahaan.

 

Kinerja lingkungan dan sosial

Holcim Indonesia sekali lagi meraih penghargaan PROPER Emas dan Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian selain  beberapa penghargaan untuk kinerja lainnya. Sejumlah program kemasyarakatan penting terus bergulir di tiga pabrik, seperti program pemeliharaan ternak untuk pertanian masyarakat lokal di dekat Tuban, perluasan Posdaya di Narogong dan Cilacap dalam bentuk bantuan kesehatan, pendidikan dan keahlian-keahlian yang dapat digunakan sebagai mata pencaharian serta program-program kemasyarakatan lainnya yang terus berjalan.

 

Pandangan kedepan

Pada tahun berjalan ini, produk Holcim dan portfolio layanan yang bernilai tambah serta produk khususnya terus diminati. Manajemen perusahaan menilai musim pemilihan umum mendatang adalah sebagai peluang yang patut dipertimbangkan untuk bangkit dari sentimen bisnis dan  terus berinvestasi untuk memperkokoh dasar-dasar yang kuat bagi Indonesia dan mencapai target-target ekonomi jangka panjang.

 

Tentang  PT Holcim Indonesia Tbk

 

PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (86,35%) dimiliki dan dikelola oleh Holcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 85,000 karyawan dan kapasitas produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen.

 

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan tiga pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  di Cilacap, Jawa Tengah, Tuban 1 di Jawa Timur dan fasilitas penggilingan semen di Ciwandan, Banten dengan total kapasitas  gabungan per tahun 11 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

 

PT Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan gerai Solusi Rumah - di gerai ini pelanggan dapat memperoleh beragam rancang-bangun rumah, memilih bahan bangunan, berkonsultasi dengan pakar konstruksi dan mengajukan kredit pemilikan rumah. Semua kemudahan tersebut dapat diperoleh di satu tempat.


Informasi lengkap dapat diperoleh dari:

Rusli Setiawan Diah Sasanawati (Anna)
Relationship Management Director Corporate Communications Manager
PT Holcim Indonesia Tbk PT Holcim Indonesia Tbk
Mobile: 0811 860375 Telepon: +62 21 29861000 ext 8361
  Mobile: 0813 81818554
e-mail: rusli.setiawan@holcim.com e-mail: diah.sasanawati@holcim.com
website: www.holcim.co.id website: www.holcim.co.id