Laporan Keuangan PT Holcim Indonesia Tbk Tahun 2014

9 Maret 2015
 

• Pendapatan penjualan meningkat 9% menjadi Rp 10,5 triliun

• Laba bersih sebesar Rp 669 milyar atau Rp 87 per lembar saham

• Usulan total dividen tahun 2014 sebesar Rp 65 per lembar saham

• Kapasitas baru: Pabrik Tuban 1 mulai beroperasi pada 2014, Pabrik Tuban 2 akan selesai dibangun pada 2015

Jakarta, 9 Maret 2015. PT Holcim Indonesia Tbk hari ini mengumumkan laporan keuangan tahun kinerja 2014 dengan mencatat peningkatan pendapatan sebesar 9% menjadi Rp 10,5 triliun. Laba tahun 2014 tercatat sebesar Rp 669 milyar, atau Rp 87 per lembar saham.

 

Perbandingan laporan keuangan 2014 dan 2013 (setelah diaudit)

Rp milyar (kecuali dinyatakan lain) 2014 2013
Pendapatan Penjualan  10,529  9,686
Laba Kotor  3,026 3,355
Marjin Laba Kotor  28.7%  34.6%
EBITDA Operasional  2,002  2,453
Pendapatan Operasional   1,292  1,849
Laba Bersih   669 952

 

Persaingan yang semakin kompetitif

Lesunya perekonomian sepanjang tahun 2014 terdampak oleh menurunnya harga-harga komoditas dan semakin minimnya transaksi berjalan. Persyaratan pinjaman yang semakin ketat dan melambungnya tingkat inflasi turut berkontribusi dalam melemahnya sentimen di berbagai sektor pasokan ritel untuk bahan bangunan. Mundurnya proyek-proyek infrastruktur dan proyek-proyek besar juga merupakan imbas dari panjangnya proses pemilihan umum tahun lalu.

Terlepas dari ketatnya persaingan dan semakin tidak berimbangnya pasokan dengan kebutuhan, Holcim Indonesia mampu mempertahankan pangsa pasar diatas 14% dengan peningkatan pendapatan penjualan sebesar 9% di tahun 2014. Menurut data ASI, penjualan semen nasional sendiri mengalami pertumbuhan sebesar 3.3% menjadi 59.9 juta ton.

 

Peningkatan kapasitas dan distribusi

Holcim Indonesia memulai operasional Tuban 1 di Tuban, Jawa Timur, berkapasitas 1.7 juta ton, dan akan merampungkan pembangunan pabrik kedua di lokasi yang sama dengan kapasitas yang sama pula pada tahun ini. Perusahaan juga melakukan peningkatan-peningkatan pada fasilitas penggilingan semen di kedua pabrik lainnya. Perusahaan memaksimalkan penggunaan sistem palletizer untuk mengurangi waktu pemuatan dan memaksimalkan penggunaan jalur kereta api. Untuk memperluas cakupan pasar, saat ini perusahaan juga tengah menyiapkan fasilitas pengantongan  dan pergudangan semen di Sumatra Selatan.

 

Tekanan biaya dan marjin yang bersifat sementara

Keterlambatan teknis yang tidak terduga dalam penyelesaian pembangunan pabrik Tuban, mengakibatkan timbulnya kenaikan biaya pengiriman untuk memastikan pasokan tetap terkirim. Kenaikan tarif dasar listrik juga menjadi penyebab penurunan marjin/keuntungan.

Biaya keuangan lebih rendah 44% dibandingkan tahun sebelumnya, dan perusahaan mendapatkan keuntungan dari berkurangnya dampak depresiasi Rupiah terhadap pembayaran hutang dalam mata uang asing, sekaligus memperpanjang waktu jatuh tempo dengan pembayaran dalam mata uang Rupiah.

Laba bersih sebesar Rp 669 milyar atau Rp 87 per lembar saham, menunjukkan penurunan dibandingkan dengan target penjualan. Penurunan ini juga disebabkan karena kelebihan pasokan yang terjadi di pasar, dan tekanan dari kenaikan biaya selama tahun 2014 melebihi stimulus ekonomi dan keuntungan yang seharusnya didapatkan dari kapasitas baru.

 

Perubahan dan peluang

Transisi pemerintahan baru Indonesia memberikan harapan akan masa depan yang lebih optimis, berdasarkan perubahan struktural dan rencana ekonomi jangka menengah baru, dalam konteks perubahan substansial pada harga energi. Pengurangan subsidi bahan bakar pada bulan November lalu dan rencana jangka menengah nasional baru mulai direalisasikan untuk menstimulasi pertumbuhan. Persetujuan DPR atas revisi kenaikan APBN telah membuka jalan untuk pembangunan infrastruktur menjadi Rp 290 triliun (USD 22.6 milyar) pada tahun yang akan datang, hampir dua kali lipat dibandingkan komitmen yang dibuat pada tahun 2014, dengan asumsi pengeluaran tersebut akan terealisasi. Perkembangan diluar rencana perusahaan adalah pengumuman Pemerintah mengenai penurunan harga jual semen milik negara sebesar Rp 3.000 per kantong ukuran 50Kg. Menanggapi hal ini, produsen semen terkemuka lainnya turut melakukan penyesuaian harga. Dengan penurunan harga ini, Pemerintah diharapkan dapat merealisasikan program pembangunan infrastruktur yang disebutkan di atas, sehingga peningkatan volume akan dapat membantu mengurangi dampak negatif dari penurunan  harga tersebut.

Saat ini, Holcim Indonesia berada dalam posisi yang baik untuk memanfaatkan setiap peluang pasar yang ada. Perusahaan memastikan pembangunan pabrik kedua di Tuban akan selesai sesuai rencana. Penurunan tingkat inflasi  dan suku bunga dari Bank Indonesia turut mempengaruhi suku bunga pinjaman. Kemudahan mendapatkan pinjaman secara umum dapat mendukung usaha kecil menengah bidang konstruksi, yang merupakan sumber utama kebutuhan bahan bangunan, dan penurunan harga bahan bakar dapat berkontribusi menurunkan biaya transportasi untuk lebih menjangkau pasar.

 

Inovasi

Sepanjang tahun lalu, serangkaian produk baru menjadikan Holcim Indonesia semakin dikenal sebagai inovator dan memimpin kompetisi pasar yang semakin dinamis. Holcim SpeedCreteTM, ThruCreteTM dan OptimaCreteTM terbukti sukses dalam menyediakan solusi berskala besar untuk perbaikan jalan dan konstruksi jalan tol, pembangunan landasan pacu di bandar udara yang tahan segala cuaca, dan proyek-proyek kompleks dengan struktur berkekuatan tinggi. Perusahaan juga mengembangkan rangkaian produk mortar dan telah diperkenalkan pada awal tahun ini. Sebuah fasilitas pengelolaan limbah berskala industri besar telah dibuka pada kuartal akhir tahun lalu. Hal ini mengundang minat banyak perusahaan swasta dan Pemerintah, sebagai solusi pengelolaan limbah yang terjamin, aman dan berkelanjutan. Sebuah sistem penjualan online juga telah diperkenalkan untuk memberikan layanan mutakhir bagi pelanggan untuk produk semen.

 

Kinerja sosial dan pengelolaan lingkungan

Berbagai program pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat terus dijalankan di dalam dan di sekitar area operasional – dari pabrik semen hingga beton jadi, dari tambang hingga penjualan dan jaringan distribusi Holcim. Pada tahun 2014, perusahaan kembali menerima penghargaan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk kelima kali secara berturut-turut. Pencapaian ini merupakan kebanggaan tersendiri karena menjadi perusahaan semen satu-satunya yang mampu mempertahankan penghargaan bergengsi tersebut lima kali berturut-turut.

Dari sisi kesehatan dan keselamatan kerja, Perusahaan terus memberikan penyegaran dan memperdalam kesadaran tentang kesehatan dan keselamatan kerja  bagi karyawan, masyarakat, kontraktor dan seluruh mitra bisnis Holcim. Sebagai perusahaan multinasional, Holcim terus berkomitmen untuk mencapai nihil bahaya di setiap aspek dalam bisnis kami.

Perusahaan juga berpartisipasi dalam program-program utama dari Holcim Group. Pertama, sesuai komitmen perusahaan untuk mendukung konstruksi berkelanjutan, Holcim Indonesia menjadi tuan rumah dari perhelatan Holcim Awards tingkat Asia Pasifik, sebuah kompetisi global yang diselenggarakan oleh Holcim Foundation, yang memberikan penghargaan dan mendorong bakat-bakat di bidang disain yang  menggunakan energi secara efisien, berdampak rendah terhadap lingkungan, dan memiliki dampak sosial pada proyek konstruksi berkelanjutan yang mereka jalankan. Yang kedua, kami juga turut mengambil bagian  dalam peluncuran inisiatif Sustainable Development Ambition 2030, untuk menciptakan lebih banyak nilai tambah bagi para pemangku kepentingan, dan meraih pendapatan langsung dari konstruksi berkelanjutan, mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sumber daya alam. Yang ketiga, perusahaan terus melakukan tata kelola perusahaan dengan mengindahkan semua ketentuan dalam menjalankan semua aktifitas komersial, persaingan usaha yang sehat, dan memberikan penghargaan atas kinerja di seluruh lini fungsi perusahaan.

 

Tentang  PT Holcim Indonesia Tbk

PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (86,35%) dimiliki dan dikelola oleh Holcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 85,000 karyawan dan kapasitas produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen.

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan tiga pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  di Cilacap, Jawa Tengah, Tuban 1 di Jawa Timur dan fasilitas penggilingan semen di Ciwandan, Banten dengan total kapasitas  gabungan per tahun 11 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

PT Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan gerai Solusi Rumah - di gerai ini pelanggan dapat memperoleh beragam rancang-bangun rumah, memilih bahan bangunan, berkonsultasi dengan pakar konstruksi dan mengajukan kredit pemilikan rumah. Semua kemudahan tersebut dapat diperoleh di satu tempat.

 

Informasi lengkap dapat diperoleh dari:

Rusli Setiawan Diah Sasanawati (Anna)
Relationship Management Director Corporate Communications Manager
PT Holcim Indonesia Tbk PT Holcim Indonesia Tbk
Mobile: 0811 860375 Telepon: +62 21 29861000 ext 8361
  Mobile: 0813 81818554
e-mail: rusli.setiawan@holcim.com e-mail: diah.sasanawati@holcim.com
website: www.holcim.co.id website: www.holcim.co.id