Menjawab Tantangan Masa Depan, Holcim Edukasi Sustainable Construction di Bandung

26 November 2013
 

Indonesia mengalami proses pembangunan yang pesat. Tercatat berbagai gedung dan hunian baru didirikan dalam beberapa tahun terakhir.

Bandung, 26 November 2013 - Indonesia mengalami proses pembangunan yang pesat. Tercatat berbagai gedung dan hunian baru didirikan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun demikian ternyata masih banyak bangunan yang dibuat tanpa memperhatikan berbagai aspek penting. Hal ini justru menyebabkan konsumsi energi yang berlebih dan fungsi bangunan menjadi tidak efisien.  Holcim Indonesia menyikapi kondisi yang ada dengan mengadakan serangkaian kegiatan edukasi penerapan Sustainable Construction untuk menghasilkan bangunan yang lebih baik bagi masyarakat. Bertempat di Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang Bandung, acara ini menjadi bagian dari sosialisasi Holcim Awards 4th Cycle, sebuah kompetisi global yang bertujuan mencari proyek maupun ide yang menerapkan konsep sustainable construction.

“Sejalan dengan visi Holcim yaitu membangun solusi berkelanjutan bagi masa depan masyarakat kita, kami ingin agar setiap orang mendapatkan bangunan yang baik, yang mampu menunjang aktivitas mereka sekaligus tetap memperhatikan kebutuhan generasi yang akan datang. Oleh karena itu Holcim Group menyelenggarakan Holcim Awards, salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan Holcim Foundation, sebuah lembaga non-profit Holcim Group, untuk mencari proyek serta ide bangunan yang memiliki konsep sustainable construction.” Ujar Eamon Ginley, Presiden Direktur Holcim Indonesia.

Kompetisi Holcim Awards memperhatikan aspek 5P yaitu Progress, People, Planet, Prosperity, dan Proficiency. Aspek 5P tersebut menuntut rencana pembangunan yang inovatif dan berkelanjutan, mengakomodasi kebutuhan serta memberdayakan sekitarnya, memperhatikan kelestarian sumber daya alam, mampu memberikan kontribusi bagi kesejahteraan, serta tetap memperhatikan estetika tata ruang publik.

Kompetisi Holcim Awards 4th Cycle yang diselenggarakan tahun ini memiliki total hadiah USD 2 Juta dengan dua kategori utama yaitu Holcim Awards Main Category dan Next Generations. Semua insinyur, arsitek, kontraktor, pemilik proyek yang menunjukkan kepedulian untuk menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan untuk proyek bangunan mereka dapat mengikuti kompetisi ini. Selain itu Holcim juga memberi kesempatan bagi para mahasiswa dan profesional muda untuk menuangkan ide mereka mengenai rancang bangun yang memiliki konsep sustainable constructions untuk masuk kedalam kompetisi melalui kategori  Next Generations.

Ranidia Leeman, Commercial Building Solution Manager Holcim Indonesia mengatakan, “Dengan adanya 2 kategori tersebut, kami berharap dapat mendorong munculnya ide-ide baru untuk menciptakan bangunan dan teknologi yang berkelanjutan. Bandung sendiri merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan bangunan yang tinggi. Beberapa waktu terakhir tercatat berbagai pusat perbelanjaan hingga apartemen didirikan. Melalui kegiatan seminar hari ini kami ingin mendorong masyarakat Bandung untuk menciptakan bangunan yang mampu menggabungkan  nilai-nilai lokal sehingga memiliki desain dan kontribusi yang tinggi bagi masyarakat.”

Dalam Holcim Awards kali ini, untuk pertama kalinya upacara pengumuman pemenang dari kawasan Asia Pasifik akan dilakukan di Jakarta, Indonesia, setelah sebelumnya dilangsungkan di Bangkok, Mumbai, dan Singapura. Jakarta sendiri terpilih menjadi tuan rumah karena merupakan ibu kota Indonesia yang memiliki populasi yang besar dan terus tumbuh di Asia Pasifik, sehingga berpotensi mengeluarkan banyak ide-ide konstruksi berkelanjutan yang inovatif.

Sebagai sebuah kompetisi skala internasional, juri Holcim Awards juga terdiri atas berbagai pakar dibidangnya dan dipilih dari beragam negara. Untuk Holcim Awards di tingkat regional, tahun ini Indonesia diwakili oleh Davy Sukamta, salah satu anggota Tim Penasehat Konstruksi Bangunan dan melalui perusahaan konstruksinya, telah menangani ratusan proyek dengan konsep sustainable construction di Indonesia. “Saya merasa terhormat dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini sebagai juri. Kompetisi ini merupakan salah satu kesempatan yang baik untuk mendorong munculnya proyek dengan konsep sustainable construction. Sebelumnya, Holcim Awards 3rd Cycle berhasil mengumpulkan lebih dari 6.000 ide dan proyek yang berasal dari 146 negara, termasuk Indonesia. Saya pribadi merasa bahwa Indonesia memiliki banyak potensi. Hal ini telah dibuktikan pada kompetisi Holcim Awards 3rd Cycle. Tiga proyek dari Indonesia berhasil memenangkan penghargaan Acknowledgement Awards ditingkat Asia Pasifik.”  Ujar Davy Sukamta, Juri Holcim Awards 4th Cycle Regional Asia Pacific.

“Semoga Holcim Awards dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat umum maupun ahli rancang bangun di Indonesia untuk terus berkarya menciptakan bangunan dengan berbagai manfaat. Kami berharap penyelenggaraan kompetisi ini juga akan semakin baik ditahun-tahun mendatang.” Tutup Ranidia Leeman. 

 

Tentang  PT Holcim Indonesia Tbk

 

PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (86,35%) dimiliki dan dikelola oleh Holcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 85,000 karyawan dan kapasitas produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen.

 

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan tiga pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  di Cilacap, Jawa Tengah, Tuban 1 di Jawa Timur dan fasilitas penggilingan semen di Ciwandan, Banten dengan total kapasitas  gabungan per tahun 11 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

 

PT Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan gerai Solusi Rumah - di gerai ini pelanggan dapat memperoleh beragam rancang-bangun rumah, memilih bahan bangunan, berkonsultasi dengan pakar konstruksi dan mengajukan kredit pemilikan rumah. Semua kemudahan tersebut dapat diperoleh di satu tempat.

 

Informasi lengkap dapat diperoleh dari:

Lisa Eka Kurnia Diah Sasanawati (Anna)
Corporate Communications Corporate Communications Manager
PT Holcim Indonesia Tbk PT Holcim Indonesia Tbk
Phone Number : +62 21 8231260 ext 5700 Phone Number: +62 21 29861000 ext 8361
Mobile: 0813 81451590 Mobile: 0813 81818554
e-mail: lisa.kurnia@holcim.com e-mail: diah.sasanawati(at)holcim.com
website: www.holcim.co.id website: www.holcim.co.id