Peresmian produksi semen perdana dari Pabrik Tuban 1.

17.06.2014
 

• Jaminan pasokan barang dan jarak yang lebih dekat untuk melayani pasar yang lebih luas.

• Tambahan kapasitas produksi sebesar 40% pada akhir tahun 2015 mendatang seiring selesainya pembangunan Pabrik Tuban 2.

• Perluasan logistik dan investasi lain untuk meningkatkan cakupan pasar, ketersediaan produk dan layanan sebagai nilai tambah bagi pelanggan.

Tuban, Jawa Timur (17/6) - PT Holcim Indonesia Tbk hari ini, 17 Juni 2014, meresmikan produksi semen perdananya dari Pabrik Tuban 1 yang akan memberikan tambahan kapasitas produksi perusahaan sebesar 1.7 juta ton per tahun. Acara peresmian yang dihadiri oleh Direksi, sejumlah distributor dan pelanggan penting lainnya, ditandai dengan pengguntingan pita dan kunjungan ke dalam area pabrik untuk menyaksikan langsung dari dekat; investasi terbesar yang dilakukan oleh Holcim Group saat ini.  

Dalam sambutannya kepada para tamu undangan, Eamon Ginley, CEO Holcim Indonesia mengatakan, “Permintaan produk Holcim mengalami peningkatan hingga tahun 2014 ini. Pabrik Tuban menempatkan Holcim Indonesia dalam posisi yang menguntungkan untuk meraih peluang pertumbuhan di masa depan. Kami berkomitmen untuk melayani pelanggan semaksimal mungkin dengan mudah bekerjasama, menciptakan nilai tambah, memberikan solusi terbaik dan terus membangun kerjasama yang baik untuk jangka panjang dengan para pelanggan”.

Tahun lalu masih merupakan masa transisi dari kondisi dimana terdapat pasokan ketat yang terjadi beberapa tahun sebelumnya, namun Holcim tetap beroperasi penuh sepanjang tahun 2013 dan 2014. Tambahan kapasitas produksi sebesar 20% dari Pabrik Tuban 1 dan sejumlah yang sama dari Pabrik Tuban 2 yang akan selesai dibangun pada tahun 2015 mendatang, akan memberikan keuntungan-keuntungan yang kompetitif dengan jaminan pasokan barang, biaya produksi yang lebih rendah dan jarak yang lebih dekat dengan pelanggan. Investasi ini tidak hanya melengkapi rekam jejak perusahaan  di Pulau Jawa, namun juga sebagai bentuk investasi logistik dan saluran distribusi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik secara keseluruhan.  

“Pabrik Tuban tidak hanya akan melayani kebutuhan pelanggan, tapi juga membantu perusahaan untuk mempertahankan posisi kami di tiga besar dalam industri semen di Indonesia”, tegas Eamon.

Lebih lanjut, Eamon mengungkapkan penghargaannya atas dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh para pemangku kepentingan, mulai dari para pemegang saham, karyawan, masyarakat sekitar, dan para pelanggan serta mitra bisnis lainnya, “Tuban Plant dibangun dari penerimaan dan dukungan masyarakat sekitar. Kami ingin berkontribusi kepada masyarakat dimanapun kami beroperasi melalui investasi dan keterlibatan, dan kami juga berkomitmen untuk membangun hubungan berdasarkan kepercayaan dan saling menghargai dengan para pemangku kepentingan untuk menunjukkan bahwa kami peduli. Kami percaya bahwa dengan memenuhi tanggung jawab sosial, berarti kami memberikan nilai tambah pada bisnis, selain mewujudkan visi kami untuk membangun solusi yang berkelanjutan bagi masa depan masyarakat”.

 

Ringkasan Bisnis

Khususnya di Pulau Jawa, Holcim meningkatkan pengiriman dengan menggunakan rel kereta untuk mempersingkat rantai pasokan dengan operasional yang lebih efisien dari sisi biaya dan waktu pengiriman. Perusahaan juga telah memperluas keberadaan produk dan jangkauan layanan hingga Kalimantan dan Sumatera. Tingginya permintaan produk beton jadi juga memberikan tambahan kontribusi pada pertumbuhan keuangan perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, perusahaan telah mengakuisisi sebuah tambang agregat dan tambahan investasi lain untuk memperluas jumlah dan kapasitas pabrik beton jadi dan memenuhi kebutuhan yang ada.

Pada periode triwulan pertama tahun ini, perusahaan mencatatkan laba dari hasil penjualan yang stabil terlepas dari kondisi industri konstruksi yang melambat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Laba yang diperoleh perusahaan pada periode triwulan pertama ini mengalami peningkatan, salah satunya adalah karena keberhasilan perusahaan dalam mengatasi kenaikan biaya transportasi yang juga berdampak pada sektor industri secara keseluruhan. Holcim mencapai pertumbuhan laba dari penjualan sebesar 9,1% dari peningkatan volume sebesar 1,45%, peningkatan 7,9% pada volume beton jadi dan 27,5% pada volume agregat.

 

Kinerja Lingkungan dan Sosial

Pada awal tahun ini, Holcim Indonesia mendapat kehormatan dengan menerima dua penghargaan Platinum dari ajang Global CSR Summit 2014 untuk program Posdaya yang didukung oleh Pabrik di Cilacap, dan program Peternakan Terpadu di Tuban. Tidak hanya itu, baru-baru ini Holcim Pabrik Tuban kembali mendapatkan penghargaan Small & Medium Enterprises Award kategori Swasta Terbaik dari Universitas Sebelas Maret Solo, untuk program pengolahan produk hasil laut yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar pabrik,   program pengembangan wirausaha muda dan program penetasan telur bebek. Penghargaan in diberikan atas upaya dukungan usaha yang ada dan menciptakan peluang usaha baru bagi warga serta keterlibatan masyarakat melalui usaha kecil dan menengah. 

 

Pandangan Kedepan

Pada tahun berjalan ini, produk Holcim dan portfolio layanan yang bernilai tambah serta produk khususnya terus diminati. Manajemen perusahaan menilai musim pemilihan umum  adalah peluang yang patut dipertimbangkan untuk bangkit dari sentimen bisnis, terus berinvestasi untuk memperkokoh dasar-dasar yang kuat bagi Indonesia dan mencapai target-target ekonomi jangka panjang, dan memberikan nilai tambah dengan produk, layanan, dan solusi yang inovatif bagi para pelanggan.

 

Tentang PT Holcim Indonesia Tbk

 

PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (86,35%) dimiliki dan dikelola oleh Holcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 85,000 karyawan dan kapasitas produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen.

 

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan tiga pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  di Cilacap, Jawa Tengah, Tuban 1 di Jawa Timur dan fasilitas penggilingan semen di Ciwandan, Banten dengan total kapasitas  gabungan per tahun 11 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

 

PT Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan gerai Solusi Rumah - di gerai ini pelanggan dapat memperoleh beragam rancang-bangun rumah, memilih bahan bangunan, berkonsultasi dengan pakar konstruksi dan mengajukan kredit pemilikan rumah. Semua kemudahan tersebut dapat diperoleh di satu tempat.


Informasi lengkap dapat diperoleh dari:

Rusli Setiawan
Diah Sasanawati (Anna)
Relationship Management Director Corporate Communications Manager
PT Holcim Indonesia Tbk PT Holcim Indonesia Tbk
Mobile: 0811 860375 Phone Number: +62 21 29861000 ext 8361
  Mobile: 0813 81818554
e-mail: rusli.setiawan@holcim.com e-mail: diah.sasanawati(at)holcim.com
website: www.holcim.co.id website: www.holcim.co.id