Holcim capai pertumbuhan laba 27% dan pertumbuhan penjualan 20% di tahun 2012

26 Februari 2013
 

• Raih penjualan Rp 9,01 triliun serta laba Rp 1,35 triliun

• Peningkatan dividen 2012 (yang akan diusulkan) menjadi Rp 80 per lembar saham, 45% lebih tinggi dari dividen tahun 2011

• Mulai operasikan Tuban 1 tahun 2013 dan gandakan kapasitas produksi menjadi 3,4 juta ton pada tahun 2015

Jakarta (25/2) - PT Holcim Indonesia Tbk hari ini mengumumkan kinerja keuangannya di tahun 2012 dengan menghasilkan pertumbuhan penjualan sebanyak 19,8% menjadi Rp 9,01 triliun dan peningkatan laba 27% menjadi Rp 1,35 triliun, atau laba per lembar saham menjadi Rp 176 dari Rp 139 di tahun 2011. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang akan dilaksanakan pada 2 April 2013 mendatang, Dewan Direksi akan mengajukan usulan pembayaran dividen final Rp 48 per lembar saham yang merupakan kelanjutan dari pembayaran dividen sementara Rp 32 per lembar saham yang telah dibayarkan pada bulan September 2012. Ini berarti nilai total dividen setahun penuh menjadi Rp 80 per lembar saham, atau meningkat 45% dari sebelumnya Rp 55 per lembar saham ditahun 2011.

 

Menurut data ASI, konsumsi semen domestik mengalami pertumbuhan sebanyak 14,4% menjadi 54,9 juta ton ditahun 2012, sementara pasar utama perusahaan di pulau Jawa yang mencapai 60% dari jumlah total tersebut merupakan hasil dari peningkatan banyaknya pembangunan di sektor perumahan dan komersial yang dipengaruhi oleh peningkatan daya beli kelas menengah, disamping juga perkembangan rencana-rencana pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah. Holcim tumbuh seiring peningkatan pasar dengan capaian volume penjualan semen domestik 14,8% menjadi 8,59 juta ton. Perusahaan juga berhasil meningkatkan penjualan di sektor beton jadi dan agregat yang diikuti juga oleh meningkatnya kebutuhan pelayanan pengelolaan limbah yang dilakukan oleh Geocycle.

 

Biaya-biaya produksi mengalami peningkatan dari sisi harga bahan bakar dan bahan baku, namun adanya peningkatan produktifitas, kapasitas, penggunaan bahan bakar alternatif, dan program efisiensi biaya membantu perusahaan mengelola kenaikan-kenaikan pada biaya per ton produksi. Walaupun persaingan pasar sangat ketat, adanya peningkatan distribusi dan dukungan pada kegiatan pemasaran dan pengelolaan pelanggan, berhasil mempertahankan pangsa pasar di Indonesia sebesar 15,6%.

 

Semua faktor ini memastikan laba bruto dan laba usaha berhasil dipertahankan setiap tahunnya pada kisaran angka 37% dan 23%. Beban keuangan berhasil diturunkan dan pendanaan yang cukup telah tersedia untuk kebutuhan pembelian barang modal dan pengeluaran operasional serta peningkatan efisiensi pada pengelolaan modal kerja bersih.

 

Pengembangan kapasitas keahlian engineering mengalami peningkatan terbukti dari pembukaan gedung kampus ATMI (Akademi Teknik Mesin Industri). Bangunan kampus tersebut merupakan model dari konstruksi berkelanjutan yang dirancang untuk menjadi bangunan hemat energi dan memberikan hanya sedikit dampak selama masa pengggunaannya. Masih di tahun 2012, Holcim kembali mendapatkan penghargaan atas kinerja manajemen lingkungan dengan menerima anugerah PROPER Emas dan Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian, semuanya merupakan penghargaan yang berhasil diraih tiga kali berturut-turut. Perusahaan juga merayakan seabad berdirinya Holcim Group bersama dengan para karyawan, mendedikasikan 13,900 jam kerja untuk bekerja bersama masyarakat membangun jalan layak guna, perumahan, sarana sanitasi, tempat ibadah dan penghijauan pantai dan lahan di sekitar pabrik kami.

 

Tingkat suku bunga, kapasitas kredit, dan daya beli kelas menengah yang terus meningkat untuk kepemilikan rumah, memberikan banyak peluang bagus di tahun-tahun mendatang. Permintaan yang diprediksi terus meningkat dapat mendorong kapasitas yang baru di Tuban untuk segera beroperasi. Dengan prospek kedepan yang bagus ini, perusahaan telah mendapatkan persetujuan atas rencana pembangunan pabrik kedua di Tuban. Pabrik yang pembangunannya telah dimulai ini, akan menambah kapasitas produksi sebanyak 1,7 juta ton semen per tahun dengan total mencapai 3,4 juta ton per tahun. Dengan beroperasinya Tuban 2 pada awal 2015 mendatang, Holcim Indonesia akan mampu menambah kapasitas semen domestik sebanyak 40%, ini berarti Holcim mampu melayani kebutuhan pelanggan yang terus naik di Jawa dan mendukung keberadaan Holcim di pulau yang lain.

 

  

Tentang  PT Holcim Indonesia Tbk

 

PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (86,35%) dimiliki dan dikelola oleh Holcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 85,000 karyawan dan kapasitas produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen.

 

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan tiga pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  di Cilacap, Jawa Tengah, Tuban 1 di Jawa Timur dan fasilitas penggilingan semen di Ciwandan, Banten dengan total kapasitas  gabungan per tahun 11 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

 

PT Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan gerai Solusi Rumah - di gerai ini pelanggan dapat memperoleh beragam rancang-bangun rumah, memilih bahan bangunan, berkonsultasi dengan pakar konstruksi dan mengajukan kredit pemilikan rumah. Semua kemudahan tersebut dapat diperoleh di satu tempat.

 

Informasi lengkap dapat diperoleh dari:

Rusli Setiawan Diah Sasanawati (Anna)
Relationship Management Director Corporate Communications Manager
PT Holcim Indonesia Tbk PT Holcim Indonesia Tbk
Mobile: 0811 860375 Telepon: +62 21 29861000 ext 8361
  Mobile: 0813 81818554
e-mail: rusli.setiawan@holcim.com e-mail: diah.sasanawati@holcim.com
website: www.holcim.co.id website: www.holcim.co.id