Rapat Umum Pemegang Saham PT Holcim Indonesia Tbk 2013

2 April 2013
 

Holcim bayarkan dividen 45% lebih tinggi seiring pertumbuhan laba dan penambahan kapasitas produksi.

• Kenaikan dividen 2012 sebesar 45% menjadi Rp 80 per lembar saham.

• Raih peningkatan laba sebesar 27% dan penambahan kapasitas produksi hingga 10%.

• Pabrik Tuban siap beroperasi akhir tahun 2013.

• Jadikan ‘Membangun Bersama’ sebagai tema pertumbuhan yang berkelanjutan.

Jakarta, 2 April 2013.  Hari ini, para pemegang saham menyetujui kenaikan pembayaran dividen serta laporan kinerja PT Holcim Indonesia Tbk periode tahun 2012.

 

Pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS),  Holcim Indonesia menyampaikan laporan tahunan periode 2012 bersamaan dengan peninjauan program-program pembangunan berkelanjutan yang dilakukan perusahaan. Eamon Ginley, Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk mengatakan, “saya senang karena kami mampu meningkatkan nilai bagi pemegang saham di tahun 2012,  bukan hanya meraih peningkatan laba sebanyak 27% menjadi Rp 1,3 triliun, tetapi juga mampu membayar dividen final sebesar Rp 80 per lembar saham yang berarti peningkatan sebesar 45% dari  tahun lalu.”  

 

Pertumbuhan menjadi tema yang muncul berulang kali pada rapat kali ini. Penjualan meningkat sebanyak 20% menjadi Rp 9 triliun karena pasar konstruksi yang dinamis, adanya peningkatan permintaan di sektor perumahan, serta peningkatan daya beli dan peningkatan pembangunan di sektor infrastruktur dan komersial. Perusahaan menjual 14,7% lebih tinggi  menjadi 8,6 juta ton untuk memenuhi permintaan konsumen pasar domestik Indonesia, dan secara bersamaan menambah kapasitas produksi untuk mencapai 9,1 juta ton di Indonesia. Pabrik baru di Tuban juga akan menambah kapasitas produksi sebesar 1,7 juta ton per tahun di tahun 2013. Selain itu, pada bulan Februari 2013 lalu, Holcim telah mengumumkan dimulainya pembangunan tanur kedua (Tuban 2) berkapasitas 1,7 juta ton per tahun yang menjadikan kapasitas total Pabrik Tuban menjadi 3,4 juta ton per tahun pada awal tahun 2015 mendatang. Pada Tuban 2, perusahaan melakukan investasi lebih dari US$ 300 juta, sehingga menjadikan keseluruhan investasi pada pabrik Tuban mencapai lebih dari US$800 juta. Dalam tempo 4 tahun, Holcim akan meningkatkan kapasitas produksinya sekitar  40% menjadi 12.5 juta ton per tahun, yang dihasilkan baik dari peningkatan pabrik-pabrik yang telah ada dan juga pabrik baru yang tengah dibangun.

 

Eamon Ginley mengatakan bahwa fokus Holcim adalah pada pertumbuhan yang berkelanjutan. “Kami tidak hanya melihat industri ini sebagai proses produksi semen semata, namun lebih dari itu, karena kami menciptakan solusi yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan pelanggan. Solusi logistik kami mencakup peningkatan penggunaan jaringan rel kereta di Jawa, fasilitas pengepakan baru berkecepatan tinggi, lebih banyak gudang penyimpanan dan silo, serta pembangunan fasilitas pelabuhan baru seperti di Bali Utara – semua yang yang diperlukan untuk memperpendek rantai pasokan. Kami juga menggunakan produk kami sendiri, seperti beton yang dapat diaplikasikan dalam waktu singkat – SpeedCrete yang dapat menyelesaikan pekerjaan perbaikan jalan lebih cepat dibandingkan produk serupa pada umumnya. Produk ini merupakan solusi terbaik untuk perbaikan  dan perawatan jalan,” ujar Eamon.  

 

Perusahaan juga telah memberikan kontribusinya dalam meningkatkan standar pendidikan serta merintis pembangunan konstruksi berkelanjutan melalui sektor konstruksi dengan mendukung desain perencanaan dan manajemen proyek dari gedung Kampus Ecotech. Sebuah fasilitas pendidikan hemat energi dan ramah lingkungan yang terletak di Kawasan Industri Jababeka . Gedung ini diresmikan Desember lalu atas kerjasama dengan Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI). Sedangkan dalam hal pengelolaan limbah, Holcim telah sukses dalam menyediakan solusi pengelolaan limbah melalui Geocycle dengan mencatat  peningkatan pengolahan limbah sebesar 11%  atau lebih dari 233,000 ton limbah, dimana 185,000 ton diantaranya berhasil dikonversikan menjadi energi menggantikan konsumsi batubara yang merupakan energi tidak terbarukan.

 

Biaya energi masih menjadi hal penting yang diperhatikan perusahaan. Holcim, dalam presentasinya kepada para pemegang saham, menggaris bawahi sebuah inisiatif untuk menghemat energi dan biaya melalui program kerja sama regional “EARN – Energy Activation  across Regional Network yang melibatkan lebih dari 40 pabrik semen Holcim yang berbeda di Asia Pasifik dan Asia Selatan. Inisiatif ini telah menghasilkan banyak ide inovatif, diantaranya dengan melakukan konservasi listrik dan penggunaan bahan bakar fosil. Dengan begitu, perusahaan mampu menghindari penurunan marjin akibat inflasi energi.

 

Tidak sedikit kegiatan CSR dan Pengembangan Masyarakat yang dilakukan sepanjang tahun 2012 sebagai bagian dari upaya mencapai pertumbuhan berkelanjutan dengan berfokus pada  swadaya masyarakat dan kemitraan. Menandai seratus tahun berdirinya Holcim Group di tahun 2012, perusahaan menerapkan program global dengan tema "Bersama Untuk Masyarakat", dimana karyawan bekerja berdampingan dengan penduduk lokal dalam membangun jalan, rumah, fasilitas sanitasi, perbaikan masjid dan sekolah serta penanaman bakau dan pepohonan. Secara keseluruhan 13,905 jam kerja telah didekasikan secara sukarela dari  1800 karyawan Holcim yang terlibat dalam kegiatan 100 tahun Holcim ini.

 

Untuk informasi lebih lanjut dan mengunduh soft copy Laporan Tahunan dan Pembangunan Berkelanjutan kunjungi www.holcim.co.id

 

 

Tentang PT Holcim Indonesia Tbk


PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (86,35%) dimiliki dan dikelola oleh Holcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 85,000 karyawan dan kapasitas produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen.

 

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat. Perusahaan mengoperasikan tiga pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  di Cilacap, Jawa Tengah, Tuban 1 di Jawa Timur dan fasilitas penggilingan semen di Ciwandan, Banten dengan total kapasitas  gabungan per tahun 11 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

 

PT Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan gerai Solusi Rumah - di gerai ini pelanggan dapat memperoleh beragam rancang-bangun rumah, memilih bahan bangunan, berkonsultasi dengan pakar konstruksi dan mengajukan kredit pemilikan rumah. Semua kemudahan tersebut dapat diperoleh di satu tempat.

 

Informasi lebih lengkap hubungi:

Rusli Setiawan Diah Sasanawati (Anna)
Relationship Management Director Corporate Communications Manager
PT Holcim Indonesia Tbk PT Holcim Indonesia Tbk
Mobile: 0811 860375 Telepon: +62 21 29861000 ext 8361
  Mobile: 0813 81818554
e-mail: rusli.setiawan@holcim.com e-mail: diah.sasanawati@holcim.com
website: www.holcim.co.id website: www.holcim.co.id