Studi Kasus Lingkungan

 

Dari Tambang ke 'Hutan Pendidikan'

Pada tahun 2011 kami mulai merehabilitasi lahan bekas tambang Cibadak menjadi Hutan Pendidikan; lahan diubah menjadi hutan lindung yang keberadaannya dapat dimanfaatkan warga sekitar, wisatawan, dan akademisi serta siswa sekolah.

Proyek rehabilitasi diserahkan pelaksanaannya kepada tim yang anggotanya diangkat dari beberapa departemen dan dipimpin Human Wicaksono, Rehabilitation Project Manager Tambang Cibadak. Pekerjaan difokuskan pada lahan seluas 76 hektar, antara lain memecah batu besar, meratakan tanah dan menanami tanaman penutup untuk meningkatkan kesuburan tanah sekaligus menahan erosi.

Dalam beberapa kali rapat dengan tokoh masyarakat disepakati bahwa lahan akan ditanami kembali dengan pohon kayu bakar, pohon kayu dan pohon karet yang nantinya dapat menjadi sumber penghasilan warga. Tim Community Relations Narogong pun mulai membangun prasarana penyediaan air bersih untuk kebutuhan kawasan perumahan yang airnya diambil dari sumur air tanah di tambang dan dialirkan melalui pipa.

Selain itu tim pakar dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dimintai bantuan untuk menjajaki kemungkinan menjadikan Cibadak "Hutan Pendidikan Holcim".

"Sebelumnya IPB membantu kami menyusun rencana penutupan tambang, dan setahu kami mereka berhasil mengembangkan Hutan Pendidikan Gunung Walat dekat sini yang dikelola masyarakat," jelas Widya Paramita (Mita), Corporate Environment Officer.

Direksi Holcim setuju mendanai proyek tersebut pada tahun 2011, dan penandatanganan nota kesepahaman dilakukan tim bersama IPB pada bulan Desember. "Ini pekerjaan besar," kata Mita. "Di lahan bekas tambang ini nanti akan berdiri hutan pendidikan pertama di Indonesia."

 


Pertahankan Penghargaan Industri Hijau 

Komitmen dan kinerja Holcim Indonesia sebagai industri ramah lingkungan, kembali mendapatkan pengakuan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dengan penghargaan Industri Hijau 2014. yang diserahkan di Jakarta, 15 Oktober 2014.

Penghargaan ini merupakan yang keempat kali diterima Holcim berturut-turut sejak tahun 2011. Semoga prestasi ini menjadi semangat kita untuk terus meningkatkan kinerja demi mewujudkan janji bagi para pemangku kepentingan.

 


Peluang Terbuka Lebar

Setelah mendapat persetujuan dari Dewan Pelaksana UNFCCC beberapa tahun lalu, Holcim Indonesia berhasil menjalankan proyek mekanisme pembangunan bersih atau clean development mechanism project dengan skala terbesar dari segi pengurangan emisi CO2. Namun proyek tersebut bukan semata-mata proyek pengurangan emisi demi mendapatkan sertifikat karena apa yang Holcim jalankan mampu memperbesar peluang perbaikan ekonomi masyarakat di tingkat mikro. 


Tingkat Mikro

Truk berkapasitas 8 ton milik Afnanuddin yang mengangkut berkarung-karung sekam padi terlihat berhenti di pos keamanan Pabrik Holcim Indonesia di Narogong, Jawa Barat. Dokumen dan muatan diperiksa sebelum kendaraan diperbolehkan masuk untuk menuju jembatan timbang.  Jelas Afnanuddin, 'Sekitar separuh pesanan dalam bisnis angkutan ini saya dapat dari Holcim: awalnya mengangkut palet dan sak semen, dan belum lama ini saya diminta untuk mengirimkan 500 ton limbah pertanian setiap bulan.' Ia sabar menunggu petugas pengawasan mutu biomassa mengukur kadar kelembaban kiriman yang dibawanya. 



Karena Holcim Indonesia semakin banyak menggunakan limbah pertanian sebagai pengganti batubara, Afnanuddin dapat meningkatkan kapasitas usaha dari dua menjadi empat truk. Sekam padi, serbuk gergaji dan kulit kepala sawit untuk kebutuhan kedua pabrik semen milik Holcim dipasok oleh sejumlah usaha mikro di daerah.

'Saat Holcim menawari saya kontrak tetap untuk pengiriman 500 ton limbah pertanian dalam sebulan," kenang Afnanuddin, 'ada penghasilan tetap yang dapat saya andalkan sehingga saya yakin dapat meningkatkan usaha dengan menyewa enam truk lagi. Dengan kapasitas tambahan sebanyak ini saya berharap kontrak selama ini dapat ditingkatkan Holcim menjadi 1.000 ton perbulan yang tentunya akan memberi kami penghasilan lebih banyak.'

Penyempurnaan Proses

Meski mudah, tetap ada kendala yang dihadapi perusahaan dalam pengadaan limbah pertanian.

'Kami menyadari bahwa peluang ekonomi yang ada akan berdampak lebih besar jika ditawarkan kepada masyarakat mikro, sehingga kami memutuskan untuk tidak mendapatkannya dari perusahaan logistik setempat,' jelas Wilman Husnuldoni, Biomass Field Officer. 'Kami mengkomunikasikan rencana ini awalnya dengan memasang spanduk dan membentuk Holcim Biomass Sourcing Team. Melalui spanduk, perusahaan menyampaikan keinginan membeli sekam padi dari petani.'

Biomass Field Officer turun ke lapangan untuk menemui petani dan warga sehingga terjalin dialog dan terbentuk rasa saling percaya. Masyarakat menyambut baik peluang yang ditawarkan. 



'Kami menetapkan sistem kontrak pengadaan biomassa,' jelas Wilman: 500 s.d. 1.000 ton setiap bulan, dan kontrak tidak tetap untuk pasokan dalam jumlah kecil. Biomass Officer mendapat pengarahan dari tim Production tentang berapa banyak stok yang dibutuhkan sehingga pemasok dapat mengatur jadwal kerja mereka demi memenuhi permintaan kami.' Dengan sistem seperti ini pasokan untuk Holcim terjamin dan usaha angkutan mikro milik warga mendapat penghasilan tetap. Selain itu supir truk dan kuli angkut yang bekerja untuk mereka juga mendapat pekerjaan yang layak. 


Proyek

Holcim Indonesia adalah unit pertama di bawah Holcim Group yang mendapat izin dari UNFCCC untuk mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif untuk kebutuhan pabrik semen. Vincent Aloysius, Geocycle Country Manager: ' Kami berharap dapat menekan sekitar 500.000 ton CO2 setiap tahun - dengan demikian proyek ini menjadi proyek CDM tunggal terbesar di Indonesia dalam hal pengurangan emisi CO2.'

Masih banyak yang perlu dilakukan sebelum target pengurangan CO2 yang kami tetapkan tercapai," lanjut Vincent.



Clean Development Mechanism dirancang untuk membantu negara industri meraih target emisi gas rumah kaca melalui keterlibatan mereka dalam proyek pembangunan berkelanjutan di negara berkembang. Manfaat yang diperoleh peserta program antara lain peningkatan efisiensi kerja, hubungan dengan masyarakat setempat, kesehatan lingkungan dan reputasi sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dengan investor dan pemegang saham yang lebih peduli terhadap lingkungan hidup. Holcim Indonesia berhasil menekan emisi sebanyak 16% sejak menjalankan programnya pada tahun 2003.

 


 

Kontak

PT Holcim Indonesia Tbk
 
Corporate Communications
 
Talavera Suite 15 th floor
Talavera Office Park
Jl. TB Simatupang No.22 - 26
Jakarta 12430
Indonesia
 

E-Mail